Tren busana muslimah
di Indonesia semakin semarak. Terbukti dengan mulai banyaknya acara kontes
kecantikan khusus muslimah. Seperti Hijab Hunt 2012 yang diselenggarakan sebuah
portal berita ternama. Lalu World Muslimah Beauty 2012 yang akan dihelat 9-16
September ini di Jakarta. Pemilihan tersebut digelar bersamaan dengan pertemuan
para pengusaha bisnis syariah dunia. Tajuk
pertemuan itu adalah The 3rd Muslim World Biz 2012. Pertemuan ini akan dihadiri
oleh delegasi negara anggota Organisasi Konferensi Islam serta para pelaku
bisnis syariah dunia pada 12-16 September di Jakarta.
Tujuan dari kontes
kecantikan ialah mencari ikon dunia fashion muslimah. Tak ada beda dengan
kontes kecantikan umumnya. Pemenang kontes akan menjadi model iklan produk
muslimah. Tren menutup aurat dijadikan ajang bisnis industri fashion yang
memang menggiurkan. Selain itu, ada penguatan opini sekaligus motto hijaber:
menutup aurat tapi tetap modis dan fashionable.
Dampaknya adalah sikap konsumtif dari para muslimah. Semua busana muslimah
keluaran terbaru menjadi buruan. Fakta ini dikhawatirkan akan membuat makna
hakiki dari menutup aurat hilang.
Tren hijab seharusnya
dicermati oleh para muslimah. Jangan sampai kewajiban menutup aurat musnah
digantikan hawa nafsu sesaat. Inginkan modis, tapi melupakan aturan Islam.
Berburu model terbaru sama saja dengan mengumbar hawa nafsu. Yang dilupakan
adalah bagaimana definisi hijab yang sesungguhnya. Berbusana bukan hanya sekedar
modis. Sebagai muslimah dituntut harus tahu hukum fikihnya juga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar