Minggu, 12 April 2015

Cooking Class with Mommies KB-TK Al Khawarizmi




Yang namanya ibu-ibu mau nggak mau harus bisa masak. Paling banter masak air lah. Hihi... Sampai ada gambar sindiran dari sosial media. Kalau yang namanya istri harus bisa masak. Kalau cuma bisa ngangetin namanya microwife. Haha plesetan. Perempuan mana sih yang nggak seneng masak. Sebenernya itu justru alamiah. Walaupun nggak bisa tapi rasa ingin bisa masak tetep ada.

Sungguh saya merasa beruntung bisa bertemu dengan komunitas ibu-ibu di tempat anak saya belajar. Bergaul dengan mereka membuat saya jadi pandai memasak. Walaupun tidak sampai jadi ahli tapi bisa lah memasak untuk menyenangkan hati anak dan suami. Kali ini saya belajar cara memasak kue pelangi kukus. Bahasa gaulnya “Rainbow Cake”. Memang kue ini sudah nggak trendnya lagi, tapi tampilannya yang manis membuat anak senang memakannya.

Lalu bagaimana tutorial memasaknya?

Bahan :
·         3 butir telur,                        
·         1 gelas gula pasir,
·         ½  sdt SP/ pengembang
·         ½  sdt vanili bubuk, atau pasta leci
·         1 bungkus santan
·         Air matang
·         30 ml minyak goreng
·         1 gelas kecil terigu
·         Pewarna makanan secukupnya



    Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula pasir, SP, vanila, sampai kaku ± 10 menit. Bisa dengan mixer atau kocok dengan tangan. ( Kalau untuk anak-anak biar tidak terlalu banyak bahan tidak alami, SP tidak usah digunakan. Ganti dengan tambahan kuning telur 1 atau 2 buah). Saya bertanya kepada tutornya apa bedanya sih antara SP, TBM, dan Ovalet. Jawabnya untuk kue yang dikukus lebih cocok pake SP. Mungkin ada yang tau apa bedanya?


  
     2. Tambahkan 1 bks kara kecil+ air dijadikan 100ml ke dalam adonan di atas. (Santan asli lebih enak);



 
         3. Kemudian tambahkan 30ml minyak goreng
         4. Dan tambahkan 1gelas terigu (jangan lupa di ayak dulu biar tidak menggumpal)

 
   


         
         5. Setelah tercampur rata, ambil 1 sendok adonan, tambahkan pewarna merah, aduk rata, masukan ke dalam loyang yang telah diolesi dengan minyak, margarin atau dilapisi kertas roti/minyak.




       6.  Kukus sampai mengembang ± 10 menit. Setelah matang, di tusuk pake lidi nggak ada yang nempel berarti tandanya udah mateng. Nah baru dituang lagi adonan warna lain. Sampai adonan habis.Jangan lupa untuk membungkus tutup panci dengan kain lap.


      

             
        7.  Dan voila jadilah seperti ini...


Hahaha. Bukan deng. Ini mah suguhan dari sang empunya rumah. Gado-gado jawa. #gagalfokus

      8.  This is it. Rainbow Cake Kukus a la Mommies Al Khawarizmi

                    
              

NB : setelah saya praktekkan di rumah ternyata cukup mudah membuatnya. Tidak sampai satu jam loh. Catatan: kue ini hanya tampilannya yang cantik. Karena ini kue untuk anak-anak maka rasa manisnya dikurangi. Untuk orang dewasa agak kurang nendang. Mungkin bisa ditambah susu bubuk, keju, cream, butter dll.Yah selera sih bisa ditambah ini itu. Ayo ibu-ibu lain kalian pasti bisa.




Tidak ada komentar: